Kamis, 01 Juli 2010

Yeah, the Radio is still alive!!


ceritanya..

berangkat dari postingan aBy disini, saya jadi tertarik untuk posting masalah radio.

ilustrasi disamping tentunya bukan ingin ‘berjadul-jadulan‘ ataupun mengidentikkan radio dengan jaman baheula. bukan. bukan sama sekali. hanya karena alasan artistik sajalah saya mengambil ilustrasi disamping. kesannya keren

demikian pula halnya radio: keren! tentunya kita masih ingat bagaimana para orangtua kita bercerita ‘serunya’ mendengarkan pertandingan badminton All England dengan Rudi Hartono sebagai pahlawan bangsa kala itu. atau juga, bagaimana dag-dig-dug-nya hati para pendengar ketika tim nasional sepakbola kita sedang berlaga di berbagai even internasional-atas kelihaian sang penyiar juga tentunya. bahkan pernah juga, ketika saya menonton pertandingan Persib di televisi di rumah kawan, kami mematikan suara dari televisinya dan menggunakan radio (stasiun RRI pro 2 FM) untuk sumber suaranya. hasilnya: seru, tegang, rame, ditambah ngakak berkali-kali tentunya!

Kemajuan Teknologi

sebenarnya saya sendiri bukan ahli telekomunikasi atau elektronika yang familiar dengan radio. not at all. tapi ketika sampai di Saudi tahun 2007 dulu, ada sebuah situs yang memungkinkan kita untuk melakukan radio online atau radio streaming ke stasiun-stasiun radio di seluruh dunia. namun saat itu, performa situs ini saya dapati kurang baik. akhirnya ditinggalkan deh..

Namun di bulan Mei 2009 (eh, ini mah bulan lalu yah)., secara tidak sengaja., meng-klik status salah satu rekan saya yang sekarang di Korea Selatan: ‘enyak, aye sekarang siaran nih..’ dan membawa saya kepada sebuah situs radio streaming lainnya: www.radioppidunia.com .komen saya saat itu hanya satu kata: keren!! apalagi kenal banget dengan teman saya ini. bisa request pula, mantap kan? sayangnya ‘We Will not Go Down’-Michael Heart gak ada di playlist-nya rekan saya. ya, maybe next time.


PPI-PPMI-Simposium Internasional PPI Dunia 2009

untuk kami-kami para perantau di negeri seberang ini., ada organisasi untuk para penimba ilmu disini. ada yang namanya PPI (Persatuan Pelajar Indonesia), ada PPMI (Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia). kenapa beda-beda? hehe.. tanyakan pada rumput yang bergoyang aja deh..

pada intinya, organisasi persatuan penimba ilmu di luar negeri ini, akan mengadakan sebuah perhelatan akbar pada tanggal 3-5 Juni 2009 ini di Den Haag: Simposium Internasional PPI Dunia. nah, acara inilah yang menginisiasi pembentukan radio ppi dunia ini. mantap punya kan..

salah satu hal yang menarik dari radio ppi dunia adalah para penyiarnya itu sendiri. ada yang masih S1, S2, bahkan S3. dan lebih menarik lagi ketika orang2 yang kita kenal, kita dengar secara langsung suaranya.. hehehe.. kadang2 kepikiran ‘pede juga nih anak..’ atau tiba-tiba senyum2 sendiri ketika mendapatkan ‘garingan’ dari penyiarnya yang memang garing banget..

acaranya juga cukup variatif: ada informasi dan berita tentang dinamika di Indonesia dan dunia, informasi kesehatan, informasi beasiswa, gambaran kuliah di luar negeri, tantangan-hambatan kuliah di luar negeri, bahkan ada juga acara ngobrol politiknya. komplit n spesial pake telor dah!

pada akhirnya, selamat mengunjungi situs tersebut. siapa tahu ada penyiarnya yang juga temanmu? atau ada rencana untuk melanjutkan studi ke luar negeri? silahkan…silahkan..


Sumber :
http://sukem06.wordpress.com/2009/06/15/yeah-the-radio-is-still-alive/
15 Juni 2009

dan saya harus mengatakan kembali: Yeah, the radio is still alive!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar